Cara Mengubah Nama, NISN, dan NIK Siswa di Emis Feeder 2020

pagarbawean.com - Cara Mengubah Nama Siswa, NISN dan NIK Siswa di Emis Feeder. Di antara operator sekolah masihada yang kebingungan bagaimana cara mengubah nama siswa atau NISN siswa di Emis Feeder. Padahal cara yang bisa anda lakukan sangatlah mudah dan gampang. Oleh karenanya kami bagikan disini cara mudah mengubah nama siswa di Emis Feeder 2020.

Selain anda bisa merubah nama siswa di Emis Feeder, Anda juga bisa mengubah NISN dan NIK siswa. Dan hal itu bisa anda lakukan melalui Aplikasi Feeder Emis. Dan hebatnya anda bisa mengubah nama, NISN dan NIK baik offline maupun inline yang dilakukan melalui laman Emis Feeder Monitor.
Cara Mengubah Nama, NISN, dan NIK Siswa di Emis Feeder 2020

Cara Mengedit Nama, NISn dan NIK Siswa

pagarbawean.com Cara mengubah atau mengedit nama, NIK dan NISN siswa seperti yang dikatakan tadi bahwa anda bisa lakukan melalui Aplikasi Feeder Emis Offline atau melalu Emis Feeder Monitor, yang mana demikian dilakukan secara online. Meski demikian, hal ini merupakan fitur yang baru ditambahkan sebelum fitur yang dilakukan untuk mengedit data-data pokok tersebut tidak tersedia.

Padahal di Aplikasi Emis Feeder Online, ketiga data pokok (nama, NISN. dan NIK) tidak bisa dilakukan perubahan. Kecuali jika anda menggunakan Aplikasi Feeder Emis versi Alpha, yaitu versi ujicoba. Namun tentunya dalam mengubah nama siswa dengan menggunakan Aplikasi Feeder Emis versi Alpha tidak kami rekomendasikan.

Hal ini wajar apabila tidak sedikit dari operator madrasah yang kebingungan cara melakukan edit data nama, NIK, NISN siswa pada pendataan Emis Madrasah semester ini. Untungnya, tidak lama kemudian, Tim Emis Pusat melakukan perbaikan terhadap sistem sehingga pengubahan nama siswa beserta NISN dan NIK bisa dilakukan melalui Feeder Emis Monitor.

Cara Mengubah Nama NISN, dan NIK Siswa

Megubah nama, NISN, dan NIK siswa bisa anda lakukan di laman Emis Feeder Monitor. Oleh karenanya, dalam melakukan pegubahan data nama siswa operator madrasah harus membuka laman http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor dan juga harus melakukan login dengan memakai email dan password emis seperti biasanya.

Sebelum anda melakukan perubahan data, pastikan telah melakukan, terlebih dahulu:

  1. Updating terhadap seluruh data siswa melalui Aplikasi Feeder Emis (Offline)
  2. Melakukan Sinkronisasi Siswa dari Aplikasi Feeder Emis Offline ke Feeder Emis Monitor

Selanjutnya, silakan anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik menu pada "Edit Data Pokok" dari sidebar sebelah kiri
  2. Setelah terbuka halaman Pengajuan Edit Data Pokok, klik tab "Siswa"
  3. Muncul kotak pencarian nama siswa, ketik beberapa huruf lalu klik tombol "Cari Siswa" untuk mencari siswa yang akan diubah nama, NISN, atau NIK
  4. Hasil pencarian nama tersebut akan disajikan di bawahnya.
  5. Klik tombol "Proccess" yang berada di ujung kanan nama siswa
  6. Maka Muncul Form Pengajuan Edit Data Pokok Siswa
  7. Silakan ubah nama siswa, NISN, atau NIK sesuai kebutuhan pada kolum yang telah disediakan
  8. Upload file scan Kartu Keluarga dan Ijazah dalam bentuk PDF di kolom yang KK dan Ijazah
  9. Muncul Form Pengajuan Edit Data Pokok Siswa
  10. Silakan ubah pada kolom nama siswa, NISN, atau NIK sesuai kebutuhan
  11. Upload file scan Kartu Keluarga dan Ijazah dalam bentuk PDF pada kolom yang KK dan Ijazah
  12. Klik tombol "Update" untuk mengirim pengajuan edit data siswa.
Karena hal ini merupakan sebuah pengajuan, maka setelah mengklik tombol Update, pengubahan data nama siswa, NIK, dan NISN masih harus melalui tahap verifikasi dan validasi sebelum akhirnya ditampilkan di Emis Feeder 2020.

Sedikit kendala yang biasa terjadi dalam cara ubah nama siswa pada emis feeder adalah kewajiban mengunggah file scan ijazah. Bagi siswa MTs dan MA tentunya sudah memiliki ijazah jenjang sebelumnya. Namun bagi siswa MI, apalagi RA bisa jadi belum memiliki ijazah. Semoga ke depan akan dilakukan lagi perbaikan terhadap sistem untuk upload dokumen penunjang yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Caranya mudah cuman nanti dalam tahap verifikasi dan validasi yang memerlukan waktu. Jadi cukup bersabar saja. InsyaAllah prosesnya tidak akan berlangsung lama.

Demikianlah cara mengubah nama siswa beserta NISN dan juga NIK melalui Emis Feeder 2020. Semoga bisa menjadi solusi bagi madrasah yang memiliki siswa dengan data pokok yang masih salah dan perlu perbaikan. Caranya mudah cuman nanti dalam tahap verifikasi dan validasi yang memerlukan waktu/

Berlangganan via Email