Tradisi Unik Maulid Nabi Muhammad SAW di Bawean

Tradisi Unik Maulid Nabi Muhammad SAW di Bawean

Tradisi Unik Maulid Nabi Muhammad SAW di Bawean

Bawean dikenal dengan pulau yang tradisi keislamannya bisa dibilang unik. Masyarakat Bawean dengan penganut agama Islam yang kuat tentunya melaksanakan tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi Bawean yang satu ini memang bisa dibilang unik karena berbeda dengan daerah lain di daratan jawa. Orang yang pernah bermaulid di Bawean tidak akan asing dengan Istilah "Angkaan".

"Angkaan" bisa dikatakan sebuah hiasan yang bikin unik ikut maulid di Pulau Bawean. Beda desa di Bawean tentu akan beda juga tradisinya. Sedikit saya ingin bercerita.

Maulid Nabi Muhammad di Bawean

Maulid Nabi Muhammad di Bawean
Foto diambil saat perayaan di masjid Baitul Mu'minin Daun Laut Desa Daun

Bawean itu merupakan sebuah kepulauan yang sangat mencintai adat dan budaya yang beraromakan keislaman. Maulid salah satunya. Orang Bawean sering menyebutnya dengan kata Molot. Kata Molot hampir mirip dengan Mulut. Ya dalam maulid di Bawean yang sering dirayakan adalah makan-makannya. Salah satunya ya Angka'an itu.

Maulid di Bawean saya kira yang pernah ke Bawean akan merasakan kerinduannya. Ada banyak lomba yang diadakan demi merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Berikut Lomba Yang Sering diadakan


1. Lomba Tarik Tambang

Seperti umumnya lomba tarik tambang yang saring tarik menarik dengan menggunakan Tali

2. Lomba Panjat Pinang

Merupakan lomba panjat pinang, yang mana yang sampai di atas dia berhak mengambil barang yang dia inginkan diatas

3. Lomba lari karung

Ada banyak jenis lari karung, ada yang seperti biasa ada yang gaya unik anak kecil dikarungin dipakaiakan helm seperti halnya yang diadakan di Dsn. Kuduk-kuduk desa Patar Selamat

4. Lomba Religi

Maulid Nabi Muhammad di Bawean

Selain lomba fisik yang demikian, ada juga desa yang mengadakan lomba religi misal desa Daun ; Musabaqoh Ilmiah seperti: Pidato, Baca Puisi, Baca Pantun Bawean, Abhesa Bawean (lomba yang menunjuk siswa untuk bisa mentranslate bahasa Indonesia ke bahasa Halus Bawean), lomba cerdas cermat dan masih banyak lagi lomba yang diadakan. Lomba tersebut biasakan diadakan oleh takmir masjid masing masing di tiap dusun.

Banyak hal yang menyenangkan pas perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pulau Bawean. Dan ada pula hal lain yang terjadi di Bawean saat maulid yaitu lomba besar-besar 'angka'an' Maulidnya. Akan banyak ditemui dari kaum emak-emak.

Maulid Nabi di Bawean biasanya dari pagi hingga siang membaca dzikir dan sholawat dan juga diisi ceramah agama yang mengisahkan  perjalanan Nabi pembawa agama Islam, yakni Nabi Muhammad SAW.

Ruginya Orang yang tidak merayakan Maulid

Maulid Nabi Muhammad di Bawean
Foti diambil pas waktu ceramah agama kegiatan maulid di masjid Baitul Mu'minin

Alangkah ruginya seseorang yang membenci Maulid hanya karena menganggap maulid itu bid'ah. Saya gak terlalu mempermasalahkan pemikiran seperti itu. Tapi menurutku ruginya karena anda tidak sampai berfikir terhadap diri anda sendiri.

Betapa bahagianya diri anda di saat hari lahir anda diingat dan dirayakan oleh keluarga, sahabat, kerabat sedang anda enggan memperingati kelahiran sosok yang menyampaikan agama Islam terhadap anda. Coba fikir-fikir lagi.

Jika masyarakat Bawean seperti itu ya malah tambah heran saya. Tapi kayaknya tidak, malah masyarakat Bawean tidak hanya sekali merayakan maulid. Di masjid dirayakan, di langgar juga dirayakan bahkan di rumah-rumah juga diadakan. Hal itu bisa menjadi alasan bahwa masyarakat Bawean masih sangat mencintai Maulid. Semoga bukan karena adanya Molot=Makanan.
Maulid Nabi Muhammad di Bawean

Sepertinya itu saja yang bisa penulis sampaikan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Dan setidaknya semoga ini bukan tulisan yang terakhir yang bisa penulis share bagikan kepada teman-teman pagar bawean.

Sekian dan terimakasih kawan-kawan. Sangat senang rasanya tulisan ini jika bermanfaat dan menghibur teman-teman semua.
Maulid Nabi Muhammad di Bawean

Berlangganan via Email